Minggu, 15 November 2015

JAGUNG




        Seperti juga beras, Jagung termasuk tanaman golongan serealia (biji-bijian), Jagung dapat di konsumsi langsung setelah di rebus, namun dapat juga di olah menjadi aneka macam kue. Jagung dapat di bedakan  atas :
a. Menurut betuknya : yaitu ada Jagung besar dan ada yang kecil yang di kenal denagn nama “Baby Corn”.
b. Menurut Warnanya : yaitu ada Jagung yang warnanya merah, putih, dan kuning.
c. Menurut Kondisi Bijinya : yaitu ada Jagung yang berbiji lunak dan keras.
d. Menurut Kemanisannya : yaitu ada Jagung yang mempunyai rasa manis yang di kenal dengan “Sweet corn” dan ada yang tidak manis.
            Salah satu hasil olah Jagung yang terkenal adalah tepung maizena, yang terbuat dari sari pati jagung. Tepung Jagung sangat mudah mengental bila di panaskan dengan air, dan akan membentuk pasta yang halus saat di dinginkan. Beberapa hasil olah dari Jagung :
1. Tepung Maizena
2. Tepung Jagung
3. Pop Corn
TEPUNG TERIGU
            Tepung Terigu merupakan bahn dasar pada pembuatan kue dan roti. Roti sangat memerlukan Tepung Terigu, karena Tepung Terigu mengandung gluten, yang sangat di perlukan membentuk kerangka roti. Gluten merupakan protein yang tidak larut dalam air dan hanya terdapat dalam Tepung Terigu. Tepung Terigu  terbuat dari tanaman Gandum setelah mengalami proses penggilingan. Berdasarkan jenis gandumnya, Tepung Terigu yang di hasilkan di bedakan atas :
1.     Tepung Terigu Kuat
            Yaitu Tepung terigu yang berasal dari gandum keras (Hard Wheat), tepung Terigu ini sanagt cocok untuk membuat roti karena mengandung gluten dengan kualitas dan jumah tinggi. Adonan  yang terbuat dari tepung jenis ini memiliki daya kembang yang baik, sehingga volume roti yang di hasilkan maksimal. Di Indonesia jemis tepung ini di kenal dengan merk “Cakra”.
2.     Tepung Terigu Sedang
            Kandungan Proteinnya di Indonesia di kenal denagn merk “Segitiga”, sanagt baik untuk membuat kue yang memerlukan proses pengembangan yang tidak terlalu tinggi. Misalnya : Cake, Bolu, dll.
3.Tepung Terigu Lemah
            Yaitu Tepung Terigu yang berasal dari gandum lunak (Soft Wheat). Tepung Terigu lemah sangat cocok untuk pembuatan kue yang tidak memerlukan pengembangan. Tepung Terigu jenis ini mengandung Protein, serta daya serap air yang rendah. Di Indonesia jenis tepung ini di kenal dengan merk “Kunci”.
            Untuk mengetahui ciri-ciri tepung terigu yang baik, harus di perhatikan hal-hal berikut :
1. Berwarna Putih
2. Tidak ada yang menggumpal
3. Butiran Halus, Kering (tidak lembab)
4. Tidak berbau apek
5. Tidak mengandung Hama Gudang (kutu)
PENYIMPANAN
            Untuk mencegah terjadinya kerusakan, perlu di lakukan penyimpanan yang baik dan benar dengan cara sebagai berikut :
a. Di simpan dalam wadah yang tertutup rapat untuk mencegah masuknya hama gudang (kutu), menyerap air dari udara dan bau apek.
b. Ruang pnyimpanan bersuhu di antara 19-24oC, kelembapan 60%
c. Ruang penyimpanan berventilasi
d. Wadah penyimpanan tepung letaknya tidak kontak langsung dengan lantai.
            Beberapa hasil olah tepung terigu, yaitu :
*    Macaroon
*    Mie
*    Spaghetti, dll.
BY : AFIFATUL AMIROH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar